recommendation letter

Cara Menulis Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi akademis dan profesional sangat menentukan dalam banyak proses penerimaan untuk program studi internasional dan beberapa panggilan beasiswa. Itulah mengapa saya akan memberi Anda nasihat terbaik yang telah membantu saya dan klien saya belajar dan memenangkan beasiswa di luar negeri.

Apakah Surat Rekomendasi untuk Beasiswa?

Surat rekomendasi atau referensi dalam proses akademik dan beasiswa adalah dokumen di mana pihak ketiga menjelaskan siapa dia, menjelaskan bagaimana dia mengenal Anda dan memberikan alasan mengapa dia merekomendasikan Anda untuk studi atau program beasiswa tersebut.

Dengan cara ini, institusi atau penyedia beasiswa mencari opini kedua tentang apa yang Anda usulkan, dan dengan demikian memverifikasi karakter dan kinerja Anda. Dengan kata lain, fungsi utama surat rekomendasi adalah untuk menguatkan informasi yang telah Anda berikan di dokumen lain (seperti CV dan Surat Motivasi) dan mendapatkan informasi tambahan tentang profil Anda.

Kunjungi Juga:

Bagaimana Menulis Letter Of Intent untuk Beasiswa?

Siapa yang harus menulis Surat Rekomendasi untuk Beasiswa?

Tidak seperti apa yang umumnya diyakini, surat rekomendasi tidak perlu ditulis oleh “orang penting” seperti dekan fakultas atau manajer umum perusahaan tempat Anda bekerja.

Lembaga menginginkan surat dari orang-orang yang pernah berhubungan langsung dengan Anda dan mengetahui kepribadian serta kinerja Anda secara langsung. Oleh karena itu, ketika memilih referensi, yang terbaik adalah memilih profesor, pembimbing tesis, atasan atau dalam beberapa kasus rekan kerja.

CATATAN: Orang-orang ini mungkin tidak tahu cara menulis surat, ingin memastikan mereka memberikan apa yang Anda butuhkan dan / atau tidak punya waktu untuk menulisnya. Oleh karena itu Anda akan diminta untuk memberi mereka bimbingan dan bahkan dalam beberapa kasus Anda menulis surat rekomendasi dan membuat mereka membaca dan menandatangani nanti. Karenanya, Anda dapat membagikan dan / atau mempertimbangkan tips berikut:

Tip Header untuk Surat Rekomendasi

Tanggal terakhir: Hindari mengirim surat yang sebelumnya Anda minta untuk panggilan lain dan yang bersifat umum.

Judul atau motif: “Surat Rekomendasi” atau “Referensi”

Ditargetkan secara khusus untuk penyedia program / beasiswa: Surat rekomendasi harus secara eksplisit menyatakan untuk siapa surat tersebut menunjukkan personalisasi dan kepentingannya. Itulah mengapa penting untuk menghindari hal-hal seperti: “Kepada siapa yang berkepentingan.” Beberapa contoh yang bagus adalah:

  • “Rekan Fakultas Ilmu Ekonomi…”
  • “Anggota komite penerimaan….”
  • “Universitas ….”

Recomendation letter

Kiat Konten untuk Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi Anda harus berisi elemen-elemen berikut:

Alasan: Orang yang merekomendasikan Anda menjelaskan alasan mengapa Anda pergi dan secara eksplisit menyebutkan program yang dia rekomendasikan untuk Anda.

Siapa dia dan bagaimana dia mengenal Anda: Orang yang merekomendasikan Anda harus menyebutkan posisinya, lembaga tempat dia bekerja, dan hubungan yang dia miliki dengan Anda. Sebagai contoh:

  • “Sebagai pengajar mata kuliah Hubungan Internasional Universitas Nasional…”
  • “David adalah murid saya untuk kelas…”

Deskripsi program atau pekerjaan: Penting agar referensi mengontekstualisasikan pembaca tentang sifat program atau pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang dia rekomendasikan. Dan dengan cara ini berikan nilai penting yang pantas diterimanya. Sebagai contoh:

  • “Program Teknik Mesin membutuhkan sekitar 20 jam studi …”
  • “Kerja tim sangat penting untuk mengembangkan aktivitas ini…”
  • “Ini adalah posisi dengan banyak tanggung jawab sejak…”

Alasan mengapa dia merekomendasikan Anda: Sangat terkait dengan yang sebelumnya, di sini orang yang merekomendasikan Anda menjelaskan kepribadian, akademik dan / atau keterampilan profesional Anda yang menjadikan Anda kandidat ideal untuk program yang Anda lamar. Sebagai contoh:

  • “Pepe menunjukkan… dan penanganan… ..”
  • “Selama Juana bekerja dengan saya, dia menonjol untuknya…. Y…. ”
  • “Saya mengenali Pepe sebagai pribadi….,…. Y… .. ”
  • “Joan berhasil…”

Penguatan rekomendasi: Di ​​bagian akhir surat, orang yang merekomendasikan Anda harus menekankan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk program yang Anda lamar dengan hal-hal seperti:

  • “Saya yakin Pepe akan memberikan nilai besar pada program…… dan universitas x”
  • “Saya sangat yakin bahwa Juana… ..”
  • “Dia juga… dan…”

Untuk informasi lebih lanjut: Ada baiknya orang yang merekomendasikan Anda terbuka untuk menjawab pertanyaan oleh panitia seleksi dan oleh karena itu harus menunjukkannya di akhir surat dengan hal-hal seperti:

  • “Untuk pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi saya”
  • “Saya akan bersedia menjawab pertanyaan yang mungkin Anda miliki”

Kiat untuk mendapatkan surat Rekomendasi yang sangat baik untuk Beasiswa

Mintalah mereka tepat waktu: Orang-orang yang akan menulis surat rekomendasi Anda kemungkinan besar akan memiliki beberapa tanggung jawab dan oleh karena itu akan membutuhkan setidaknya 1 bulan untuk menulis surat motivasi Anda. Ingatlah waktu itu dan tenggat waktu aplikasi sehingga Anda dapat mengirim semua dokumentasi lengkap tepat waktu.

Untuk surat rekomendasi akademis: Jika Anda lulus lebih dari 2 tahun yang lalu dan belum berhubungan dengan profesor Anda, Anda harus sangat berhati-hati dengan orang yang Anda pilih untuk dijadikan referensi dan cara Anda mendekati dia untuk memintanya.

Anda dapat memikirkan guru dengan siapa Anda menonjol atau yang paling sering Anda hubungi sehingga ketika Anda menghubungi mereka dan memberi tahu mereka bahwa itu Anda, mereka dapat mengingat Anda dengan lebih mudah.

Saya menganjurkan agar sebelum menanyakan apapun Anda membuat beberapa kontak awal untuk melanjutkan hubungan. Anda dapat mencapai ini melalui email, panggilan telepon atau bahkan kunjungan pribadi untuk memberi tahu orang tersebut tentang apa yang telah Anda lakukan selama waktu yang telah berlalu, beri tahu mereka rencana Anda untuk melanjutkan studi dan tanyakan pendapat mereka.

Kunjungi Juga:

5 Contoh Dalam Membuat Motivation Letter Untuk Beasiswa Berbahasa Inggris

Tips Memformat Surat Rekomendasi Beasiswa

Sesuai dengan pedoman yang diminta: Misalnya, dalam beberapa kasus lembaga mungkin meminta Anda agar surat rekomendasi dalam format yang telah ditentukan sebelumnya, ditulis oleh orang-orang tertentu dan / atau dikirim dalam format amplop tertutup. Jika demikian, ikuti petunjuk tersebut karena itu adalah persyaratan aplikasi yang, jika tidak dipenuhi, dapat berarti Anda langsung didiskualifikasi.

Bahasa: Jika untuk program bahasa Inggris, sangat ideal jika ditulis dalam bahasa itu dan orang yang berfungsi sebagai referensi dapat menjawab pertanyaan dalam bahasa itu. Namun, tidak wajib ditangani dengan cara ini karena Anda dapat melampirkan terjemahan resmi pada surat rekomendasi Anda.

Ukuran: Direkomendasikan bahwa surat rekomendasi antara 1 dan maksimum 1,5 halaman di Times New Roman, Arial atau Calibri, ukuran 12 dan dengan spasi dan margin normal. Dengan cara ini Anda memastikannya konkret tetapi cukup deskriptif.

Kop Surat: Idealnya, surat tersebut harus ditulis di atas kop surat institusi tempat guru itu berada atau organisasi tempat atasan Anda bekerja. Ini memberi dokumen lebih formalitas dan karena itu lebih percaya diri.

Informasi kontak: Surat tersebut harus dengan jelas menyertakan telepon, alamat pos dan email dari orang yang merekomendasikan Anda. Dengan cara ini, lembaga penilai diberi kesempatan untuk menghubungi orang yang merekomendasikan Anda untuk memverifikasi informasi tersebut.

Saya yakin bahwa tip ini akan sangat membantu dan saya akan memperhatikan komentar Anda.

By AWAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *